Tutorial - Apa itu SEO ? [Belajar/Cara Menerapkan SEO Pada Video Youtube]



Halo semua, balik lagi bareng gue, diatas ini adalah Video Tutorial yang Menjelaskan Apa itu SEO secara Singkat, Penerapannya Bagaimana di Youtube, Manfaatnya apa untuk Video Kita, Mohon Maaf jikalau ada yg salah dalam Penyampaian, jika ada yang mau ditanyakan bisa Comment dibawah atau di video yaa, jangan lupa Like Comment dan Subscribe ya!

Kebetulan gue gabung di grup Youtuber Indonesia di Facebook, dan sering kali member menanyakan apa itu seo, manfaat seo apa, kegunaan seo apa, dan cara penerapan seo itu bagaimana.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang mana artinya adalah Optimasi Mesin Pencarian atau MengOptimalkan Mesin Pencarian atau juga MengOptimalkan Content kita di Mesin Pencarian .

SEO dalam Youtube itu adalah bagaimana kita mengoptimasi Judul Video, Deskripsi, Hastag kita yang ada di video secara baik sehingga video kita bisa bersaing di keyword yang kita targetkan tersebut dan juga SEO ini sendiri bermanfaat untuk menaikkan Posisi video kita di mesin pencarian khususnya youtube, dalam contoh kita memiliki keyword target, SEO ini bermanfaat untuk bagaimana kita mencapai Rank 1 atau Page One di Halaman pertama saaat keyword target kita diketik atau dicari .

Bagaimana sih Penerapan SEO itu Sendiri?

Pertama, yang bisa kalian lakukan adalah saat Render Video, Penamaan Video saat mau di save, sebaiknya kalian menamai video tersebut dengan Keyword Target utama kita, contohnya dalam Video gue diatas, gue menamai file video tersebut dengan apaituseo .

Kedua, Untuk Keyword target kalian bisa melakukan Research Keyword dahulu (Research Keyword itu adalah kita mencari atau menganalisa keyword-keyword apa saja yang relevan dengan video kita dan kemungkinan banyak orang ketik atau cari) , bisa menggunakan Keyword Planner Youtube, Google Trend, atau kalian ketikkan di Youtube niche/jenis video kalian dan lihat suggest keyword yg muncul di kolom Pencarian Youtube, untuk Versi Berbayar bisa menggunakan Vidiq .

Ketiga, Setelah mendapatkan List keyword target kita, pada saat Upload Video, buatlah Judul semenarik mungkin dengan menggunakan Keyword utama Target kita + Bisa di barengi dengan Keyword Pendukung yang Relevan, contohnya pada judul Video gue diatas, Keyword utamanya adalah Apa itu SEO, dan keyword Pendukungnya adalah Belajar SEO, Cara SEO, SEO Youtube yang gue gabung jadi Belajar / Cara Menerapkan SEO Pada Video Youtube. 

Keempat, Buat Deskripsi Video Singkat Padat tapi Jelas dengan memasukkan Keyword utama dan Beberapa Keyword target kita pada penjelasan di Deskripsi.

Kelima, Masukkan Keyword Target utama, keyword pendukung dan keyword lainnya pada kolom hastag, Optimalnya adalah sekitar 20 Keyword, pakai huruf kecil semua saja tidak perlu ada huruf kapital .

Keenam, Translate Judul kalian ke Bahasa Umum Dunia seperti bahasa inggris, agar memudahkan untuk viewers luar indonesia memahami judul video Kalian .

Ketujuh, Share di Social Media seperti Facebook, Google+, Pinterest, Stumbleupon, Linkedin, Twitter dll ( Minta teman kalian Like Postingan kalian atau kalau di Google+ minta teman kalian Plus-kan)

Optional :

  • Kalau memungkinan gunakan Subtittle pada video kalian .
  • Pasang End Card / Layar Akhir untuk Promo Video kalian yang lain .
  • Pasang Card untuk Promo Video kalian yang lain .
  • Masukkan Video kalian ke Playlist khusus ( Dikategorikan masing-masing video, misal Tutorial, VLOG, Kuliner, Review dll )
  • Balas setidaknya 1 Komentar Pada Video .
Btw, ada yang menanyakan juga, dia ga paham SEO, gatau apa itu SEO, tapi Videonya bisa banyak banget Viewnya, itu kenapa ya ?

Sebenarnya, walau kalian tidak tau SEO, tanpa sengaja bisa saja kalian sudah menerapkan SEO, misalnya saat kalian Upload video kalian sudah menerapkan hal-hal diatas dengan baik walau tanpa Research Keyword, kalian juga rajin share diberbagai social media, dan memang Video kalian lagi Trending atau hits, bisa saja tanpa sengaja kalian sudah menerapkan SEO itu sendiri, walaupun kalian tidak pernah mendengar kata SEO atau tidak paham sama sekali apa itu SEO.

Jadi, SEO ini sendiri sangat bermanfaat dalam meningkatkan Posisi / Rank video kita di mesin pencarian khususnya di Youtube, bukan tidak mungkin karena penerapan SEO kalian yang baik dan sempurna, video kalian juga bisa muncul di mesin pencarian Google saat orang mengetikkan keyword target kalian dan secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak dengan peningkatan View pada video kalian.

Okeeeee, Cukup sekian artikel gue terkait SEO, semoga bisa bermanfaat bagi sesama Youtuber, bisa memberikan pemahaman, ilmu walau hanya sedikit, hal-hal diatas berdasarkan pemahaman dan pengalaman gue pribadi, mungkin masih banyak lagi ilmu-ilmu terkait SEO yang gue belum paham, semoga kalian setelah baca artikel ini, bisa paham dan bisa membagikan kembali ke orang lain apa itu SEO . See youuuu!

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim